"This is not about miles, every mountain has its own beauty to climb"

Catatan Perjalanan Gunung Ciremai – Linggarjati Dengan Segala Janji

‘Dan tak pernah berhenti mata ini memandang takjub segala kebesaranMu dari tanah tertinggi’

Itulah yang mungkin terucap saat aku selalu kembali bertemu dengan keramahan alam bumi pertiwi ini.

Sejenak mengenang perjalanan panjang saat singgah di bumi Cirebon yang sangat menakjubkan dengan lampu kotanya di malam itu, di kaki Ciremai.

7 Agustus 2009 ‘Kertajaya dari Kerajaan Timur’

Sore itu aku dan imam sudah sampai di Stasiun Kereta Pasar Turi, Surabaya dengan tas ransel biruku dan bekal makan malam dari Emak Cuek. Beli tiket langsung dan alangkah buruknya saat tiket yang tersedia untuk Kertajaya hanya tinggal berdiri. Tapi tidak apalah yang penting nyampe Cirebon tepat waktu dengan pengiritan. Maklum backpacker!!! Yang menarik dalam perjalanan ke Cirebon adalah saat di Surabaya tempat duduk masih begitu kosong. Awalnya saya bisa duduk sampai sampai Lamongan, namun di Lamongan saya diusir dengan orang yang membawa tiket dengan no.bangku yang saya tempati. Ah… Berdiri!!! Lamongan – Cirebon masih panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang! Aku beli koran dan coba duduk di pinggir pintu… satu, dua stasiun coba cari bangku kosong. Eh dapet, sekarang berdoa semoga selama perjalanan tak ada orang yang mencoba menjajah bangku kami. Ah Bodo amat!!! Dan beruntungnya sampai aku sampai di Sta. Cirebon Prujakan tidak ada orang yang memintaku untuk pergi… Nicely Move!

8 Agustus 2009 ‘Pertigaan Linggarjati Dengan Segala Janji’

Pagi itu aku merasa masih asing dengan sekitarku. Segala budaya dan bahasa sudah sedikit berbeda dengan tanah kelahiranku. Boleh jadi inilah pertama kalinya aku menginjakkan kaki di tanah jawa barat. Aku sholat dan beristirahat di sta. Cirebon prujakan untuk menunggu ketiga temanku dari tulungagung (Fery, Gunanda dan Mas Sodiq). Sembari menunggu aku coba untuk tanya-tanya ke beberapa orang tentang perjalanan menuju pertigaan linggarjati. Katanya aku harus oper busmini 2 kali untuk sampai kesana. Hari sudah mulai beranjak terang dan tanda-tanda kedatangan matarmaja pun belum ada. Coba kontak ke tiga temenku katanya masih sampai tegal. Sabar menanti….. dan merekapun tiba. Tak butuh waktu panjang kami langsung berangkat ke pertigaan linggarjati untuk bergabung dengan fajri, teman kami yang berangkat dari Jakarta dan sudah menunggu kami disana dari jam 3 pagi. Sabar ya teman… Pukul 08.00 kami bersatu di pertigaan linggarjati. Sejenak merayakan pertemuan kita foto-foto di pertigaan linggarjati.

Alangkah beruntungnya waktu itu, kami bertemu dengan Pak Sopir baik hati yang mau mengatar ke pos pendakian dengan 2ribu saja. Dan Bapak itu masih menyempatkan mengantar ke gedung bersejarah. Gedung tempat diadakannya perjanjian linggarjati. Semua masih tampak seperti foto di buku sejarah. Dan tak lupa, kami abadikan moment ini.

Pos Pendakian Ciremai, kami registrasi untuk mendaki Ciremai dan menyiapkan segala keperluan. Cek semua logistic dan tidak lupa makan pagi dulu untuk mengisi energi sebagai modal awal kami.

Barang-barang keramat kami,

4 responses

  1. rida

    Ngga.., dari belakang aku dah bisa nandai siapa2 orang di poto itu.., bahkan fery yang paling kanan, depan.., iy bukan?? hehehe

    Aku menikmati ceritamu Ngga.., jadi kangen.., berharap bisa ikut.., tapi apa daya.., sekarang waktu seringkali membelengguku..
    gimana kabar cerita selanjutnya..??

    Dan aku juga suka “Dan tak pernah berhenti mata ini memandang takjub segala kebesaranMu dari tanah tertinggi” ^_^

    salam lestari..

    24 June 2010 at 5:03 pm

  2. rankga

    betul sekali da, hehe…
    Ayo makane bergabung ntar tak coba nulis ceritane maneh….
    Kadang kala rindu menikmati indahnya dunia bersama temen2. Tak pernah ada matinya cerita hidup ini…

    Sekarang ada dimana lu da??Nggak pernah ada kabar…

    Salam Rimba

    24 June 2010 at 5:37 pm

  3. hihihi.. foto2nya masih keliatan bagus ya :D

    25 June 2010 at 11:45 am

  4. rankga

    Kelihatan bagus dari segi apa low?body ataukah pemandangan yang ada di foto-fotoku….
    Hehe, ternyata kamu sekarang juga suka jalan-jalan ke alam-alam geto ya..ketagihan ya????

    Selamat bergabung yah…

    Salam Lestari

    25 June 2010 at 11:49 pm

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.